Nesaci Goes To Adiman (Adiwiyata Mandiri)

22. 05. 31
posted by: Administrator
Dilihat: 19

SEKOLAH ADIWIYATA adalah SEKOLAH yang peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program ADIWIYATA diharapkan seluruh masyarakat di sekitar SEKOLAH agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. Tujuan Program Adiwiyata adalah : menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Pada tahun 2015, SMPN 1 Ciawi telah menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional. Namun dengan kehadiran Ibu Kepala Sekolah yang baru, beliau ingin membiasakan kembali PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) , mengembangkan SMPN 1 Ciawi menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri dan memiliki sekolah binaan. Agar program tersebut dapat terwujud, sekolah membutuhkan dukungan dari seluruh pihak dimulai dari warga sekolah dan juga perangkat daerah dilingkungan SMPN 1 Ciawi.

Akhirnya program tersebut diawali dengan diadakan rapat Sosialisasi Program Adiwiyata Mandiri yang diadakan pada hari Jum'at, 11 Februari 2022 di gedung pink SMPN 1 Ciawi.. Rapat sosialisasi ADIMAN dihadiri oleh Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, Dnas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor dan Perangkat Daerah di sekitar SMPN 1 Ciawi. Selain diadakan secara luring, rapat pun diadakan secara virtual melalui Zoom yang dihadiri oleh seluruh pihak terkait.

Kepala SMPN 1 Ciawi mengungkapkan Sekolah Adiwiyata bertujuan agar menjaga lingkugan dan peduli terhadap lingkungan. Lingkungan terjaga karena pembelajarannya terintegrasi lingkungan. Mulai dari sekolah, visi, misi, guru-guru, administrasi pembelajaran dan semua lini harus terintegrasi dengan lingkungan. Diharapkan bahwa rencana yang disusun dapat terlaksana dengan kerja sama dari semua pihak khususnya warga SMPN 1 Ciawi. Karena dengan kerjasama insyaallah semua bisa terwujud. "Kepala sekolah tidak apa-apanya tanpa didukung oleh warga sekolah dan warga sekolah apabila tidak ada kepala sekolahnya berjalan tetapi tidak tahu mau kemana arahnya" imbuh beliau.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor memaparkan dalam melaksanakan Program Sekolah Adiwiyata, ada 4 hal pokok yang harus diperhatikan pihak sekolah, yaitu: Kebijakan Berwawasan Lingkungan; Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan; Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif; dan Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan. Beliau menekankan hal utama yang harus selalu dipupuk sampai kapan pun adalah melaksanakan GPBLHS (Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah).