Cetak

GEMA NESACI

22. 05. 30
posted by: Administrator
Dilihat: 65

Gerakan Literasi Sekolah merupakan Program dari Kemendikbud yang dibentuk pada awal tahun 2016. Sebagaimana tujuan umum Gerakan Literasi Sekolah yaitu menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam Gerakan Literasi Sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Gerakan literasi yang dilaksanakan pada satuan pendidikan / sekolah dengan melibatkan siswa, guru serta tenaga kependidikan, termasuk orang tua / wali. Gerakan literasi dilaksanakan dengan praktik-praktik baik tentang literasi dengan menjadikan kebiasaan serta membudayakan pada lingkungan sekolah.

Dalam rangka mendukung program Bupati Kabupaten Bogor, SMPN 1 Ciawi melakukan pembaharuan dan inovasi terbaru di sekolah. SMPN 1 Ciawi melaksanakan GEMA NESACI (Gemar Membaca SMPN 1 Ciawi). Kepala sekolah SMPN 1 Ciawi mendefinisikan bahwa Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Rendahnya minat baca siswa masih menjadi persoalan dalam dunia pendidikan yang harus segera diselesaikan. Pemerintah membuat kebijakan melalui program Gerakan Literasi Sekolah yang mewajibkan siswa membaca buku selama 15 menit sebelum jam pelajaran dimulai yang dimaksudkan untuk meningkatkan minat baca siswa.

Peran warga sekolah terhadap program ini sangat dibutuhkan untuk tercapainya tujuan awal terlaksananya program Gerakan Literasi Sekolah. Program Gerakan Literasi Sekolah diharapkan siswa dapat menanamkan kebiasaan membaca, dimana mereka memerlukan arahan dan bimbingan dari guru agar dapat memahami tentang pentingnya membaca.

Berbagai upaya dilakukan oleh sekolah dalam mendukung gerakan Literasi ini, diantaranya:

  1. Membaca buku non pelajaran 15 menit sebelum pembelajaran
  2. Kegiatan Readhaton setiap Hari Rabu, dimana siswa dan guru membaca bersama dilapangan dan kemudian siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan apa yang sudah dibaca dan diberi reward
  3. Memperbanyak buku - buku bacaan di perpustakaan sekolah
  4. Menciptakan perpustakaan yg nyaman yang dikunjungi oleh warga sekolah
  5. Mengadakan pojok literasi disetiap kelas
  6. Mengadakan pojok- pojok literasi di beberapa tempat dilingkungan sekolah
  7. Mengadakan berbagai lomba yang mendukung program literasi sekolah

 

Semoga dengan diterapkannya Program Gerakan Literasi Sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan kegemaran siswa dalam membaca.